Official Website PATIKAB CSIRT
 
LOGO PATIKAB CSIRT
Beranda Peringatan Keamanan Cara Membuat Password Dengan Baik

Cara Membuat Password Dengan Baik

Peringatan Keamanan



Diera digital seperti ini kemanan data pribadi harus semakin diperketat untuk melindungi data yang kita miliki. Apalagi penggunaan telpon pintar makin banyak yang menjadikan perlu waspada terhadap data pribadi. Banyak sekali ancama yangbagi para pengguna jika tidak diimbangi oleh keamanan yang baik. Salah satu cara menjaga data pribadi kita yaitu dengan menggunakan password dengan baik dan benar.


Ada beberapa tips cara membuat password dengan benar:


1. Gunakan pasword yang berbeda pada setia akun

Mengunakan password yang berbeda pada setiap akun membuat password akan akun susah untuk diretas. Jika menggunakan password yang sama akan mudah teretas akun-akun yang lain. Jika menggunakan password yang berbeda menjadikan keamanan menjadi kuat


2. Hindari menggunakan bentuk password yang mudah ditebak

Banyak sekali penggunakan sandi yang sangat sederhana seperti “123456” atau “qwerty” ada juga yang menggunakan tanggal lahir. Hal tersebut memudahkan akun mudah terretas


3. Rahasiakan dan amankan password

Untuk password atau informasi lainya jangan pernah beritahuakan kepada orang lain atau menuliskan password anda pada tempat terbuka.


4. Patuhi syarat password yang kuat

Ada beberapa syarat yang direkomendasikan oleh Microsoft agar password kuat agar akun aman. Tips yang disarankan antara lain:

  1. Menambahkan huruf besar(A-Z)
  2. Menambahkan huruf kecil (a-z)
  3. Menambahkan angka (0-9)
  4. Menambahkan simbol atau tanda baca (<>/!@#$%^&* dan masih banyak lagi)


5. Aktifkan verifikasi 2 langkah

Menggunakan verifikasi dua langkah merupakan fitur keamanan tambahan yang banyak diterapkan pada layanan online seperti media sosial, emial, perbankan, dan masih banyak lagi. Fitur ini penting untuk melinungi keamanan akun. Dengan cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah, dapat mencegah pihak ketiga untuk meretas akun sekalipun mereka memiliki sandi akun. Dikarenan mustahil bagi mereka untuk mengkases akun tanpa verifikasi yang tepat.


6. Update software

Sebagian besar pihak ketiga menargerkan celah pada sofware. Dengan adanya perbaruan versi terbaru akan mememperkecil adanya bug yang ada dan menjadikan pihak ketiga kesulitan untuk meretas.


7. Gunakan password pada semua gadget

Pnting mengunakan password pada semua gadget yang dimiliki untuk menambahkan keamanan. Hal ini berguna untuk mencegah pihak ketiga untuk mencuri informasi penting.


8. Ubah passsword secara rutin

Menggubah password dapat mencegah pihak ketiga untuk mengakes. Mengganti kata sandi secara rutin juga beranfaat untuk memastikan akun kita tetap aan dan sulit ditebak oleh peretas.