Official Website PATIKAB CSIRT
 
LOGO PATIKAB CSIRT
Beranda Artikel Teknologi Mengenal Open Application Security Project (OWASP)

Mengenal Open Application Security Project (OWASP)

Artikel Teknologi



Teknologi sekarang ini semakin terus berkembang, aplikais web telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari – hari kita. Semakin banyak aplikasi web yang digunakan tentunya semakin meningkatkan resiko keamanan aplikasi web tersebut. Apalagi keamanan merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah aplikasi web. OWASP (Open Web Application Security Project) merupakan sebuah organisasi nirlaba yang berdedikasi untuk meningkatkan keamanan aplikasi web dengan penggunaan sumber daya, panduan, dan tools keamanan profesional. Tujuan utama dari organisasi ini adalah membangun standart kemanan OWASP (Open Web Application Security Project) untuk membebaskan seluruh dunia dari resiko kemanan internet. Ada beberapa asppek utama dari OWASP (Open Web Application Security Project) diantaranya:

1. OWASP Developer Guild

Panduan pengembangan merupakan dokumen pertama yang merupakan panduan komprehensif yang berfokus untuk pengembang perangkat lunak dan pengembang aplikasi web. Tujuannya adalah memberikan panduan praktis terkait praktik terbaik dalam pengembangan perangkat lunak yang lebih aman. Panduan atau guid tersebut dibuat supaya para developer dapat membangun website atau software untuk organisasi mereka dengan memakai coding yang mempunyai sistem yang aman. Guide tersebut berisikan prinsip-prinsip yang harus anda ikuti dalam proses codingnya.

2. OWASP ASVS (Application Security Verification Standard)

ASVS merupakan proyek stantar verifikais keamanan aplikasi OWASP memberikan dasat untuk menguji kontrol keamanan teknis aplikasi web dan juga memberi pengembnagan daftar persyaratan untuk pengembangan yang aman. Tujuan proyek ini adalah untuk menormalkan kisaran cakupan dan tingkat ketelitian yang tersedia di pasar ketika melakukan verifikasi keamanan aplikasi web menggunakan standar terbuka yang dapat diterapkan secara komersial. Standar ini memberikan dasar untuk menguji kontrol keamanan teknis aplikasi, serta kontrol keamanan teknis apa pun di lingkungan, yang diandalkan untuk melindungi dari kerentanan seperti Cross-Site Scripting (XSS) dan injeksi SQL.

3. Security Knowledge Framework (SKF)

Kerangka pengetahuan keamanan adalah aplikasi web Python-Flask sumber terbuka sepenuhnya yang menggunakan standar verifikasi eamanan aplikasi OWASP untuk melatih pengembangan dalam menulis kode aman dan sesuai desain. SKF membntu dan memberdayakan pengembang untuk memberi mereka kesadaran dan pengetahuan yang tepat untuk membangun aplikasi yang aman. SKF juga membantu mengedukasi para profesional mengenai konsep keamanan penting yang harus terealisasi dalam aplikasinya. Memahami dan menerapkannya akan membantu melindungi aplikasi web dan data penting.

4. Developer Cheat Sheet Series

Seri Lembar Cheat OWASP dibuat untuk memberikan serangkaian panduan praktik sederhana yang baik untuk diikuti oleh pengembang dan pembela aplikasi. Daripada berfokus pada praktik terbaik terperinci yang tidak praktis bagi banyak pengembang dan aplikasi, hal ini dimaksudkan untuk memberikan praktik baik yang sebenarnya dapat diterapkan oleh sebagian besar pengembang. Lembar petunjuk ini berfokus pada berbagai topik kemanan seperti enkripsi, manajemen sesi, perlindungan terhadap serangan injeksi, dan masih banyak penangan lain. Tampilannya cukup clean dan mudah dipahami, sehingga memudahkan pemahaman dari pengguna.

5. TOP 10 OWASP (Open Web Application Security Project)

Dokumen kesadaran standar untuk pengembang dan keamanan aplikasi web. Ini mewakili kosensus luas mengenai resiko keamanan paling kritis terhadap aplikasi web.

    a. Broken Access Control
    b. Cryptografi Failures
    c. Injection
    d. Insecure Design
    e. Security Misconfigurtion
    f. Vulnerable and Qutdated Components
    g. Identification and Authentication Failure
    h. Software and Data Integrity Failures
    i. Security Logging and Monitoring Failures
    j. Server-Side Request Forgery

Dari penjelasan di atas, kini Anda tahu OWASP adalah sumber daya yang sangat berharga bagi para pengembang dan pengelola website. Karena komunitas ini menyediakan panduan, alat, dan proyek-proyek terbuka yang akan membantu melindungi aplikasi web dari serangan siber.

Jika ingin mendapat informasi lebih lengkap seputar dokumen-dokumennya, Anda bisa mengunjungi situs resminya di owasp.org. Mari praktikkan keamanan OWASP dan lakukan pembaruan secara teratur mulai sekarang!.