Official Website PATIKAB CSIRT
 
LOGO PATIKAB CSIRT
Beranda Berita PATIKAB-CSIRT Tips dan Trik untuk Menjaga Data Pribadi Anda Tetap Aman di Perangkat Seluler

Tips dan Trik untuk Menjaga Data Pribadi Anda Tetap Aman di Perangkat Seluler

Berita PATIKAB-CSIRT

>Tentunya mejaga keamanan data pribadi sangat diperlukan, karena jika data pribadi itu bocor maka bisa saja di salah gunakan orang yang tidak bertanggung jawab. Nah, penulis akan memberikan tips dan trik nih, agar data pribadi anda tetap aman di perangkat seluler: 


1. Gunakan kata sandi yang kuat

Penggunaan kata sandi yang kuat adalah dimana kata sandi nantinya terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil, angka, serta simbol. Hindari kata sandi yang mudah ditebak dan terlalu umum.


2. Aktifkan orientasi dua faktor 

Pada bagian ini biasanya adanya verifikasi tambahan selain kata sandi, seperti ada pengiriman kode ke perangkat seluler, biasanya melalui email.


3. Perbarui perangkat lunak secara teratur

Adanya Pembaruan yang teratur pada sistem operasi, perangkat lunak antivirus, dan aplikasi lainnya. Pada pembaruan seringkali mengandung perbaikan keamanan yang penting.


4. Waspadai phishing

Jangan klik tautan dari email atau pesan yang mencurigakan. Verifikasi keaslian pesan sebelum memberikan informasi pribadi atau mengklik tautan yang disertakan.


5. Enkkripsi data

Gunakan protokol enkripsi untuk melindungi data anda saat bertransaksi online. Pastikan juga situs web yang anda kunjungu menggunakan protokol HTTPS.


6. Monitor aktivitas akun

Tetap waspada terhadap aktivitas akun anda. Aktivitas notifikasi atau peringatan jika ada login yang mencurigakan atau perubahan penting pada akun anda.


7. Hindari Wi-Fi umum

Hindari menggunakan jaringan Wi-Fi umum untuk aktivitas yang melibatkan informasi pribadi atau keuangan. Gunakan jaringan virtual pribadi (VPN) jika Anda harus terhubung ke internet melalui Wi-Fi publik.


8. Simpan data pribadi yang bijak

Batasi informasi pribadi yang Anda bagikan secara online. Hati-hati dalam memberikan data pribadi, terutama di media sosial.


9. Backup data secara berkala dan Periksa izin aplikasi

Selalu lakukan pencadangan data secara teratur. Jika terjadi sesuatu pada perangkat Anda, Anda akan tetap memiliki salinan data yang aman. Selain itu, tinjau dan kelola izin aplikasi pada perangkat Anda. Pastikan aplikasi hanya memiliki akses ke data yang benar-benar diperlukan.


Berikut adalah tips dan trik agar data pribadi kita tetap aman di perangkat seluler yang kita gunakan.